Selasa, 16 Februari 2010

Ear Candle Therapy / Terapi Lilin




DEFINISI

Terapi lilin atau aer candle adalah terapi yang sedang banyak diminati oleh banyak orang dewasa ini karena manfaatnya sangat banyak dirasakan dan mudah cara penggunaanya, selain nyaman juga pasien tidak merasakan sakit dalam praktek terapinya.

Ditinjau dari asal-usulnya sebenarya terapi lilin (ear candle) berasal dari daratan Amerika, dimana berpeduduk aslinya dinamakan orang Indian.  Sejak zaman dahulu orang Indian sudah biasa menggunakan terapi lilin sebagai sarana dalam pengobatan kesehariannya. Mereka membuat lilin terapi ini dengan menggunakan sarang tawon dengan linen berkwalitas tinggi.

CARA KERJA TERAPI LILIN (EAR CANDLE)

  • Pasien didiagnosa terlebih dahulu untuk mengetahui apakah terdapat radang / infeksi, jamur, atau bisul di gendang telinga, atau mungkin ada penumpukan kotoran telinga yang mengeras. dan apabila hal itu terjadi maka telinga pasien ditetesi dengan cairan khusus sehingga kotoran telinga menjadi melunak dan mudah diangkat.
  • Sebelumnya daerah sekitar telinga di massage terlebih dahulu dengan tujuan untuk memperlancar aliran darah  dan menstimulasi tonus otot serta acupoint di sekitar telinga.
  • Pasien dibaringkan dengan posisi tubuh miring, kemudian dimasukkan secara perlahan lilin terapi yang sebelumnya sudah diberi tatakan, kemudian lilin dibakar sambil sehingga menimbulkan panas yang akhirnya akan membuat tekanan udara di pangkal lilin menjadi rendah. Asap dari pembakaran lilin akan masuk memenuhi ruang telinga dan dalam waktu sekitar 7-10 menit asap dalam rongga telinga akan menjadi jenuh, kemudian terdesak keluar sambil membawa partikel-partikel (kotoran telinga / wax) yang berada di rumah siput (thympani), serta jamur yang menutup gendang telinga. Dalam beberap kasus asap itu akan membawa bakteri dan jamur. Partikel-partikel itu kemudian berkumpul di sisi lilin yang tidak terbakar, untuk mengetahui seberapa banyak kotoran yang terangkat dari dalam telinga sisi lilin tsb kemudian dibelah. Warna coklan biasanya dari wax yang tersedot secara otomatis karena adanya perbedaan tekanan di rongga telinga dan di luar telinga. Selain wax juga ada serbuk berwarna putih kekuning-kuningan  yang berarti jamur yang di atas gendang telinga tetapi biasanya 20%nya lagi berasal dari lilin.

MANFAAT TERAPI LILIN (EAR CANDLE)

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari Terapi Lilin/ Ear Candle, diantaranya bisa mengobati :

  • Kurang Pendengaran (tuli)
  • Tinitus (telinga berdenging)
  • Migrain (sakit kepala sebelah)
  • Insomnia
  • Sinusitis
  • Infeksi Telinga Tengah
  • dll.

0 komentar:

Posting Komentar